Langsung ke konten utama

CPNS tahun 2017 dan 2019 LULUS (gagal) KEMENKUMHAM SMK


Selamat tahun 2020!

Hibernasi dari terakhir posting sampe baru kebangun lagi di tahunyang baru.
Malem ini gue mau cerita tentang “Daftar CPNS”. Berbagi pengalaman aja, siapa tau kalian butuh referensi yang terkini dan terlalu ala gue. Tapi harus gue ingetin ke kalian gue GAGAL, jadi jangan terlalu berharap ini bakal kasih tips dan trik buat lulus CPNS.

So, pertama kali gue ikut CPNS itu 2017 pas gue umur 18 tahun. Gue gak sendiri karena gue daftar CPNS ini bareng sama aa yang kedua. Pengalaman gue di CPNS 2017 sama 2019 jelas beda banget dari mulai pendaftaran SSCN-nya. Kenapa? Karena setahu gue 2017 itu pertama kalinya sistem pendaftaran itu online, kalian harus inget setiap memulai sesuatu yang baru pasti harus jatuh bangun dulu. Dan sistem barupun berimbas pada semua baik pihak penyelenggara dan pendaftar. Karena saat itu kendala pertama server lemot, selalu error tidak mudah untuk di akses (waktu itu daftar 16 Agustus 2017 jam setengah dua dini hari), pengiriman berkas lamaran dan surat pernyataan masih via POS, media untuk menemukan pengumuman lulus dan persyaratan juga sulit karena banyak yang akses web-nya jadi overload. Itulah perjuangan untuk awal sistem yang baru.

Tapi salut banget untuk sekarang sistem 2019 ini berjalan lebih baik. Bisa di akses dengan tenang jam berapapun, kalaupun sempet overload itu wajar karena yang akses banyak bisa ribuan masyarakat. Surat lamaran dan pernyataan sekarang gak via POS tapi langsung unggah dengan cara scan setelah mengisi form dan tanda tangan materai. Selebihnya semua proses sama aja, isi data dengan benar dan sesuai keaslian, pilih formasi yang diinginkan, dan lain sebagainya kalian bisa cek di akun sosmed BKN di twitter disana selalu update dan kita kalau bingung bisa chat admin.

2017 dan 2019 seleksi berkas administrasi Alhamdulillah lulus semua. Kebetulan dua – duanya itu daftar buat CPNS KEMENKUMHAM posisi penjaga tahanan dikarenakan ijazah yang digunakan adalah SMK. Setelah itu pengecakan berkas asli kita harus dating ke Armed di Baros, Cimahi. 2017 kesana naik kereta dianterin aa yang pertama dari St. Bekasi ke St. Cimahi, awalnya berangkat kesana mau sendiri tapi pas ke bekasi sehari sebelumnya nginep di rumah aa yang pertama. Tiba – tiba badan panas, mengigil sampe dibawa ke klinik dan hampir gak bisa berangkat kesana. Untungnya tetep pergi hasil dari maksain diri dengan syarat dianter, alhasil malem – malem aa ganti tiket kereta gue dan beli satu lagi buat dia. Tesnya jam 13.00 WIB jadi berangkat gak nyubuh alias santuy. Pas kesana kita nunggu di tribun bebas duduk dimana aja dan didampingi wali juga gak masalah. Harus diingat taati peraturan, kalau di suruh pakai sepatu ya sepatu jangan pake sandal dan warna juga gak boleh selain hitam. Intinya gak boleh ngeyel. Nanti kalian bakal disuruh baris sesuai nomor urut yang dipanggil ke lapangan dan ikutin petugas ke tempat cek kelengkapan terus tinggi badan dan kalau lolos langsung pengecekan berkas asli. But I failed di tes tinggi badan  kurang secenti. Sedih pasti penuh perjuangan datangnya juga jadi ya sedih pokoknya.

Berbeda dengan 2019 endingnya sama gagal juga cuman perjalanan kali ini berangkat dari terminal Cibinong naik bis MGI ke Bandung, kenapa gak langsung Cimahi? MGI sekarang gak ada yang kesana semua udah langsung ke Bandung, tapi kita bisa minta tolong sama keunek dan supir buat kasih tau di pemberhentian man ague harus turun. Awalnya mau turun belakang UNJANI kalau gak salah tapi gak jadi soalnya mobil polisi ada di bawah jembatan lagi patrol akhirnya gue turun di jembatan Leuwi Gajah. Takut kayak lagi mau perang mana takut ada binatang liar, lari sekencengnya aja pas turun buat naik ke atas. Nyampe jalan beneran macet, bingung juga naek yang arah kiri apa kanan. Akhirnya asal naik terus nanya sama supir, taunya angkotnya udah bener cuman arahnya beda harus nyebrang. Udahlah ya untung belum jauh dan mang-nya baik langsung ganti angkot ternyata deket juga cumin bayar tiga ribu. Kenapa gak gojek? Macet males nunggu lama mending langsung caw. Nyampe Armed jam setengah sepuluh karena berangkat jam enaman dari rumah, masih bisa istirahat di mesjid karena yang 2019 itu jam 15.00 WIB tesnya. Sekian banyak cerita cintaku dengan CPNS KEMENKUMHAM tahun 2019 jadi periode akhir ikut CPNS sudah capek dan tidak mau membuang waktu, uang dan mengulang kecewa yang sama.


Sebenernya banyak hal yang ingin disampaikan, tapi apadaya gue ngantuk. Mudah - mudahan bisa disambung lagi dengan cerita yang lain.

Sukses yang lagi ikutan CPNS, semoga bisa menjalani tugas dengan baik, bertanggung jawab dan  amanah dalam menjalankan tugasnya nanti setelah ke terima. Karena perjalanan masih jauh, semangat kawan! #CPNS2019 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Entitas Dan Atribut Rumah Sakit 2

Aciee kita lagi rajin nih posting hehe ^^           Sebenernya kita udah pernah posting tentang ERD Rumah Sakit, tapi karena ini merupakan tugas kelompok sekolah jadi Alda Dan Nelly beda erd. Posting lagi karena kita ingin berbagi ilmu dan pengetahuan kita sama teman - teman :) Selamat Membaca Dan Semoga Bermanfaat.  Terima Kasih ^^ sudah membaca diblog kami..

Entitas Dan Atribut Rumah Sakit

         Ini adalah entitas dan atribut hasil belajar di sekolah, apabila kurang komplit atau ada yang salah maaf yaaa karena kami disini juga masih belajar teman - teman ^^ Selamat Membaca Semoga Bermanfaat ..

PT. Xacti Indonesia di Depok (Kerja Operator Produksi)

PT. XACTI INDONESIA (DEPOK) Perusahaan yang merakit kamera, import to eksport. Banyak banget jenis kamera yang di rakit disini, dari yang harganya standar empat jutaan sampe puluhan juta ada. Semua bahannya di import dari luar negeri lalu kita rakit dan eksport lagi ke luar. Kenapa gak langsung jual di Indonesia? Karena perusahaan cuman menjadi penyedia jasa merakit sampai menjadi produk yang bagus siap pakai. Karyawan dominan perempuan, kalau laki - laki mungkin hanya office, engineering, PPIC, QC, repair, sedangkan untuk leader dan lainnya hanya sedikit. Karyawannya ribuan, waktu kerjanya ada tiga shift. Tempatnya luas ber-ac, toiletnya banyak banget mau di lantai satu ataupun dua mungkin karena kebanyak perempuan kebiasaan beser (keseringan kencing bolak - balik), bersi tempatnya, kantinnya gede banget, ketringnya enak tiap hari ganti (menu favorit rolade daging, kalo istirahat telat makan sisa aja wkwk kan ngantri rebutan), di lantai dua juga ada mini bank office plus mesin a