Pengkapsulan (Encapsulation)
Pengkapsulan adalah mengkombinasikan suatu struktur
dengan fungsi yang memanipulasinya untuk membentuk tipe data baru yaitu kelas.
Kelas akan menutup rapat baik data maupun kode. Akses item di dalam kelas
dikendalikan. Pengendalian ini tidak hanya berupa data tetapi juga kode. Saat
kelas akan digunakan, kelas harus sudah dideklarasikan. Yang penting, pemakai
kelas mengetahui deskripsi kelas, tetapi bukan implementasinya. Bagi pemakai,
detail internal kelas tidak penting. Konsep ini disebut penyembunyian
informasi.
Untuk menggunakan kelas, kita perlu mengetahui sesuatu
tentangnya. Kita perlu mengetahui fungsi apa yang bisa digunakan dan data apa
saja yang dapat diakses. Fungsi yang dapat digunakan dan data yang dapat
diakses disebut antarmuka pemakai. Antarmuka pemakai menceritakan bagaimana
kelas berperilaku, bukan bagaimana kelas dibuat. Kita tidak perlu mengetahui
implementasi kelas. Sekali kelas dibuat, kita bisa memakainya berulang-ulang.
Pewarisan
(Inheritance)
Suatu kelas
dapat diciptakan berdasarkan kelas lain. Kelas baru ini mempunyai sifat-sifat
yang sama dengan kelas pembentuknya, ditambah sifat-sifat khusus lainnya.
Dengan pewarisan kita dapat menciptakan kelas baru yang mempunyai sifat sama
dengan kelas lain tanpa harus menulis ulang bagian-bagian yang sama. Pewarisan
merupakan unsur penting dalam pemrograman berorientasi objek dan merupakan blok
bangunan dasar pertama penggunaan kode ulang.
Jika tidak
ada fasilitas pewarisan ini, maka pemrograman dalam C++ akan tidak banyak
berbeda dengan pemrograman C, hanya perbedaan dalam pengkapsulan saja yang
menggunakan kelas sebagai pengganti struktur. Yang perlu menjadi catatan di
sini adalah bahwa data dan fungsi yang dapat diwariskan hanya yang bersifat
public dan protected. Untuk data dan fungsi private tetap tidak dapat
diwariskan. Hal ini disebabkan sifat protected yang hanya dapat diakses dari
dalam kelas saja.
Sifat
pewarisan ini menyebabkan kelas-kelas dalam pemrograman berorientasi objek
membentuk hirarki kelas mulai dari kelas dasar, kelas turunan pertama, kelas
turunan kedua dan seterusnya. Contohnya dalam pengkalisifikasian unggas.
Sebagai
kelas dasar adalah unggas. Salah satu sifat unggas adalah bertelur dan bersayap.
Kelas turunan pertama adalah ayam, burung dan bebek. Tiga kelas turunan ini
mewarisi sifat kelas dasar unggas yaitu bertelur dan bersayap. Selain mewarisi
sifat kelas dasar, masing-masing kelas turunan mempunyai sifat khusus, ayam
berkokok, burung terbang dan bebek berenang.
Polimorfisme
Polimorfisme
merupakan fitur pemrograman berorientasi objek yang penting setelah
pengkapsulan dan pewarisan. Polimorfisme berasal dari bahasa Yunani, poly(banyak)
dan morphos (bentuk). Polimorfisme menggambarkan kemampuan kode
C++ dengan sifat berbeda tergantung situasi pada waktu program berjalan.
Konstruksi
ini memungkinkan untuk mengadakan ikatan dinamis (juga disebut ikatan
tunda, atau ikatan akhir). Kalau fungsi-fungsi dari suatu kelas dasar
didefinisikan ulang atau ditindih pada kelas turunan, maka objek-objek yang
dihasilkan hirarki kelas berupa objek polimorfik. Polimorfik artinya mempunyai
banyak bentuk atau punya kemampuan untuk mendefinisi banyak bentuk
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
BalasHapus-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!