Langsung ke konten utama

Periferal (Pengertian Dan Contohnya)



        Hehe ini aku posting materi waktu kelas x smk. Materi setahun yang lalu ini semoga bermanfaat deh buat teman - teman semua yaaa ^^
     

Periferal Komputer

Periferal merupakan semua peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan kegunaannya periferal terbagi dua yaitu:
  1.  Periferal utama (main peripheral) yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh          periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
  2. Periferal pendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.

Sedangkan Berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
  1. Perangkat masukan (input), adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
  2.  Perangkat keluaran (output), adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
Untuk menghubungkan perangkat input dan perangkat output ke komputer dengan menghubungkan dengan kabel ke port yang ada di komputer. Berikut ini gambar port-port yang ada di komputer untuk menghubungkan ke konektor periferal.

A.    Pengertian peripheral :
Perangkat input/output yang merupakan bagian dan pendukung sistem.
Contoh : printer,modem,scanner,network card.
      
B.    Peripheral dibagi menjadi 2 :
Peripheral input :  peripheral yang berfungsi memasukkan data /perintah ke komputer. 
Contoh : 

 Lightpen : alat yang menyerupai dan dapat memancarkan sinar untuk di tuliskan langsung pada layar monitor/bidang data khusus dirancang untuk dapat dutulisi dengan pena khusus.



Scanner : peripheral yang berfungsi memindai untuk mentransformasikan image grafis/teks ke dalam komputer.
      Finger scan : jenis scanner yang berfungsi memindai sidik jari seseorang secara elektronik.

         Retina scan : jenis scanner yang berfungsi mengidentifikasi retina seseorang.
Barcode :  jenis scan yang berfungsi mengkonversi data barcode menjadi signal digital guna mempercepat pemasukan data transaksi penjualan.
Keyboard : peripheral yang berfungsi memasukkan data berupa huruf/angka.

      Peripheral output : peripheral yang berfungsi menampilkan/mencetak data dalam media tertentu.
Contoh :
1.     Printer : peripheral yang berfungsi mencetak berupa teks/gambar dari komputer ke media tertentu.
Macam – macam :
      Printer dot matrix : printer yang menggunakan hentakan jarum pada pita.

      Printer laser jet : jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.
Printer ink jet : jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair.
2.     Monitor : peripheral yang berfungsi menampilkan data dalam media layar.
  Macam – macam :
        Monitor CRT : monitor yang menggunakan tabung sinar katoda.

Monitor LCD :monitor yang menggunakan butiran manipulasi orientasi kristal.
A.    Lain lain :
            Modem (modulator demodulator): peripheral yang berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog / sebaliknya.
            Macam – macam modem :
Modem internal : Modem yang dipasang ke slot ekspansi di dalam komputer.
      Modem eksternal , jenis jenis modem eksternal :

Dial up : seperangkat protokol dan software yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet service provider (ISP).

      ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line): sebuah teknologi interkoneksi data yang hanya menggunakan kabel telepon biasa dengan kecepatan maximum Dowstream Up To 8 Megabit per detik(Mbps) dengan jarak maksimal sekitar 6000  feet (1.820 Meter), dan kecepatan maximum Upstream Up To 640 kilobit per detik (Kbps).

      USB : modem perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer menggunakan USB portabel perangkat tertentu yang terlihat mirip dengan flash drive USB
 
Touch screen : Layar sentuh yang berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layar.

Kartu jaringan : perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer dalam area yang di inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Entitas Dan Atribut Rumah Sakit 2

Aciee kita lagi rajin nih posting hehe ^^           Sebenernya kita udah pernah posting tentang ERD Rumah Sakit, tapi karena ini merupakan tugas kelompok sekolah jadi Alda Dan Nelly beda erd. Posting lagi karena kita ingin berbagi ilmu dan pengetahuan kita sama teman - teman :) Selamat Membaca Dan Semoga Bermanfaat.  Terima Kasih ^^ sudah membaca diblog kami..

Entitas Dan Atribut Rumah Sakit

         Ini adalah entitas dan atribut hasil belajar di sekolah, apabila kurang komplit atau ada yang salah maaf yaaa karena kami disini juga masih belajar teman - teman ^^ Selamat Membaca Semoga Bermanfaat ..

PT. Xacti Indonesia di Depok (Kerja Operator Produksi)

PT. XACTI INDONESIA (DEPOK) Perusahaan yang merakit kamera, import to eksport. Banyak banget jenis kamera yang di rakit disini, dari yang harganya standar empat jutaan sampe puluhan juta ada. Semua bahannya di import dari luar negeri lalu kita rakit dan eksport lagi ke luar. Kenapa gak langsung jual di Indonesia? Karena perusahaan cuman menjadi penyedia jasa merakit sampai menjadi produk yang bagus siap pakai. Karyawan dominan perempuan, kalau laki - laki mungkin hanya office, engineering, PPIC, QC, repair, sedangkan untuk leader dan lainnya hanya sedikit. Karyawannya ribuan, waktu kerjanya ada tiga shift. Tempatnya luas ber-ac, toiletnya banyak banget mau di lantai satu ataupun dua mungkin karena kebanyak perempuan kebiasaan beser (keseringan kencing bolak - balik), bersi tempatnya, kantinnya gede banget, ketringnya enak tiap hari ganti (menu favorit rolade daging, kalo istirahat telat makan sisa aja wkwk kan ngantri rebutan), di lantai dua juga ada mini bank office plus mesin a